Sdikabubu.sch.id
- UPTD SD Inpres Kabubu menggelar diskusi "Memaknai Data Kondisi Satuan
Pendidikan Bersama Warga Sekolah" dengan tujuan untuk meningkatkan
pemahaman warga sekolah terhadap kondisi layanan pendidikan di sekolah dan
merumuskan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Diskusi ini dihadiri oleh
Pengawas Wilayah 3 Kec. Topoyo Awaluddin,S.Pd.,M.Pd,
Kepala UPTD SD Inpres Kabubu, Kalman,S.Pd.,M.Pd
yang juga bertindak sebagai Fasilitator, Seluruh Guru UPTD SD Inpres Kabubu, Perwakilan Komite serta Perwakilan Orang tua
siswa.
Kegiatan
diskusi ini dibagi menjadi beberapa sesi:
Diawali dengan sambutan oleh bapak Pengawas Wilayah 3 Kecamatan topoyo kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Fasilitator kegiatan yakni Kepala UPTD SD Inpres Kabubu.
Bagian 1: Memahami Siklus Peningkatan Layanan sebagai Strategi Mewujudkan Sekolah yang Berkualitas.
Sesi ini membahas tentang pentingnya siklus peningkatan layanan sebagai strategi untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas. Peserta diajak untuk memahami bagaimana data dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan untuk memonitor kemajuan sekolah dalam mencapai tujuannya.
Bagian
2: Memahami Sumber Data untuk Memaknai Kondisi Sekolah
Sesi ini membahas tentang berbagai sumber data yang dapat digunakan untuk memahami kondisi sekolah, seperti data rapor pendidikan, data hasil belajar siswa, data kepuasan siswa dan orang tua, serta data tentang fasilitas dan sumber daya sekolah. Peserta diajak untuk memahami bagaimana data tersebut dapat diinterpretasikan dan digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.
Bagian
3: Melakukan Tahap Identifikasi Bersama Warga Sekolah dari data Rapor
Pendidikan
Sesi ini merupakan sesi inti dari diskusi. Peserta bersama-sama melakukan identifikasi area yang perlu diperbaiki berdasarkan data rapor pendidikan yang tersedia. Diskusi ini melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah, sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi yang komprehensif dan efektif. Dalam sesi ini, dibahas pula kondisi sekolah berdasarkan Rapor Pendidikan dan data pendukung lainnya.
Sesi
Terakhir: Berbagi Hasil Diskusi dan Merumuskan RKT
Sesi terakhir ini digunakan untuk berbagi hasil diskusi dan merumuskan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang berfokus pada upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah. RKT ini akan menjadi pedoman bagi sekolah dalam menjalankan program dan kegiatannya selama satu tahun ke depan.
Diskusi
ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman warga sekolah tentang kondisi
layanan pendidikan di sekolah dan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam
upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dengan memahami data dan merumuskan RKT
yang tepat, UPTD SD Inpres Kabubu berharap dapat menciptakan lingkungan belajar
yang lebih baik bagi siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
(Mr.Kn23)
Diawali dengan sambutan oleh bapak Pengawas Wilayah 3 Kecamatan topoyo kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Fasilitator kegiatan yakni Kepala UPTD SD Inpres Kabubu.
Bagian 1: Memahami Siklus Peningkatan Layanan sebagai Strategi Mewujudkan Sekolah yang Berkualitas.
Sesi ini membahas tentang pentingnya siklus peningkatan layanan sebagai strategi untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas. Peserta diajak untuk memahami bagaimana data dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan untuk memonitor kemajuan sekolah dalam mencapai tujuannya.
Sesi ini membahas tentang berbagai sumber data yang dapat digunakan untuk memahami kondisi sekolah, seperti data rapor pendidikan, data hasil belajar siswa, data kepuasan siswa dan orang tua, serta data tentang fasilitas dan sumber daya sekolah. Peserta diajak untuk memahami bagaimana data tersebut dapat diinterpretasikan dan digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.
Sesi ini merupakan sesi inti dari diskusi. Peserta bersama-sama melakukan identifikasi area yang perlu diperbaiki berdasarkan data rapor pendidikan yang tersedia. Diskusi ini melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah, sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi yang komprehensif dan efektif. Dalam sesi ini, dibahas pula kondisi sekolah berdasarkan Rapor Pendidikan dan data pendukung lainnya.
Sesi terakhir ini digunakan untuk berbagi hasil diskusi dan merumuskan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang berfokus pada upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah. RKT ini akan menjadi pedoman bagi sekolah dalam menjalankan program dan kegiatannya selama satu tahun ke depan.
0 Comments:
Posting Komentar